SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012

on Senin, 19 Maret 2012

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012

INFORMASI
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
(SNMPTN) TAHUN 2012

PANITIA PELAKSANA
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
TAHUN 2012




KATA PENGANTAR

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan  Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis (khusus program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan). Sejalan  dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui  masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya. 

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2012 yang terdiri dari dua bagian, yaitu :Bagian 1 (satu) tentang Jalur Undangan dan Bagian 2 (dua) tentang Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Program Studi, baik Kelompok IPA maupun IPS, dari 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN 2012 sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti
proses seleksi SNMPTN dengan baik.

Secara rinci informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN akan dimuat dalam Buku Panduan Peserta SNMPTN 2012 yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id. Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk
mengikuti SNMPTN.
BAGIAN 1
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)
TAHUN 2012 JALUR UNDANGAN


1. LATAR BELAKANG
Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif  dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.  Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi Kepala Sekolah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter.  Dengan demikian sekolah dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

2. TUJUAN
1.    Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
2.    Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di Luar Negeri
3.    Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.

3. KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

3.1. Ketentuan Umum
1.    Jalur Undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan. Informasi SNMPTN 2012
2.    Jalur Undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat. Sekolah yang berhak mengikuti  Jalur Undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).
3.    Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.
4.    Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.
5.    Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih. 

3.2. Persyaratan Sekolah
Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah:
1.    SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011, termasuk sekolah RI di luar negeri.
2.    Sekolah yang menyelenggarakan dan/atau mengikuti Ujian Nasional.

3.3. Persyaratan Siswa Pelamar
3.3.1. Pendaftaran
1.    Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012.
2.    Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala  Sekolah, yaitu: siswa yang masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama (bukan siswa pindahan) pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
1) Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
2) Akreditasi B : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
3) Akreditasi C : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
4) Lainnya:   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai
mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012. Persentase terbaik tersebut di atas
dihitung berdasarkan jumlah siswa kelas XII di masing-masing sekolah
3.    Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Informasi SNMPTN 2012
4.    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
5.    Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

3.3.2. Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

4. PENDAFTARAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN
1.    Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id
2.    Tata cara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai tanggal 1 Februari 2012.

5. JADWALSELEKSI
1.    Pendaftaran oleh Kepala Sekolah: 1 Februari pukul 08.00 WIB s.d. 29 Februari 2012 pukul 22.00 WIB
2.    Pendaftaran oleh Siswa: 1 Februari pukul 08.00 WIB s.d. 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB
3.    Pengumuman Hasil Seleksi: 28 Mei 2012 pukul 18.00 WIB
4.    Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi: 12 s.d.13 Juni 2012

6. PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
1.    Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
2.    Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
3.    Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
4.    Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id pada periode waktu pendaftaran.

7. BIAYA SELEKSI
Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus  tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa. Informasi SNMPTN 2012

8. MEKANISME SELEKSI
1.    Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:
(1). Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan
pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
(2) Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan
diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program
studi pada PTN pilihan kedua.
2. Ketentuan lebih lanjut mengenai mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. 

9. SISWA PELAMAR BIDIKMISI
1.    Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
2.    Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus didaftarkan oleh kepala sekolah melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.
3.    Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.
4.    Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id. 
5.    Apabila calon peserta Bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
6.    Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya. Informasi SNMPTN 2012

10. LAMAN  RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
1.    Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmihttp://www.snmptn.ac.id.
2.    Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn,  Facebook (http://www.facebook.com/groups/snmptn), http://halo.snmptn.ac.id, dan call center: 08041450450
3.    Alamat Panitia SNMPTN 2012: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689, e-mail: panitia@snmptn.ac.id.

11. LAIN-LAIN
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 akan diinformasikan melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku (POB) SNMPTN Tahun 2012.

BAGIAN 2
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012
JALUR UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN

1. LATAR BELAKANG
Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan merupakan salah satu jalur SNMPTN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal SNMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS. Ujian Keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan dalam bidang ilmu Seni dan Keolahragaan. 

2. TUJUAN
1.    Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi.
2.    Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu program studi di PTN
3.    Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah tanpa harus memperhatikan kesamaan lokasi antara calon peserta dan PTN yang dipilih.

3. KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
3.1 Ketentuan Umum

Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah mekanisme seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis dan keterampilan yang dilakukan serentak secara nasional. Lokasi pelaksanaan SNMPTN dibagi menjadi 4 (empat) wilayah. Penjelasan tentang pembagian wilayah  dapat dilihat dalam Panduan Peserta yang dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.


3.2 Persyaratan
3.2.1. Pendaftaran
1.    Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012. Lulusan tahun 2010 dan 2011 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan lulusan tahun 2012 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
2.    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
3.    Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

3.3.2. Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Ujian Tertulis SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

4. PENDAFTARAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN

1.    Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat  pada laman http://ujian.snmptn.ac.id.
2.    Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh  (download) dari laman http://download.snmptn.ac.id mulai tanggal 11 Maret 2012.
3.    Pendaftaran online dimulai dari tanggal 10 Mei 2012 pukul 08.00 WIB s.d 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB.

5. JENIS UJIAN
5.1. Ujian Tertulis
Ujian Tertulis terdiri dari:
1.    Tes Potensi Akademik (TPA)
2.    Tes Bidang Studi (TBS) Prediktif:

i.    Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
ii.    Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
iii.    Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

5.2. Ujian Keterampilan:
Ujian Ketrampilan diperuntukkan bagi peminat:
1.    Program Studi bidang Ilmu Seni
2.    Program Studi bidang Ilmu Keolahragaan

6. PENYELENGGARAAN UJIAN KETERAMPILAN UNTUK PROGRAM STUDI BIDANG ILMU
SENI DAN BIDANG ILMU KEOLAHRAGAAN 

Peserta ujian yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan/atau Ilmu Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012. Peserta Ujian dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN yang memiliki program studi penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap
dapat dilihat di laman http://www.snmptn.ac.id.
7. JADWAL UJIAN
7.1. Ujian Tertulis
Selasa, 12 Juni 2012 : Tes Potensi Akademik
                   Tes Bidang Studi Dasar
  
Rabu, 13 Juni 2012 : Tes Bidang Studi IPA
                  Tes Bidang Studi IPS

7.2. Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012.

8. PENILAIAN HASIL UJIAN
     Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
Jawaban BENAR : + 4
Jawaban SALAH : -  1
Tidak Menjawab :   0

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan
sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

9. KELOMPOK UJIAN
     Kelompok ujian tertulis SNMPTN terbagi menjadi 3 (tiga):
1.    Kelompok Ujian IPA
2.    Kelompok Ujian IPS
3.    Kelompok Ujian IPC

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian IPA, IPS, atau IPC tidak harus sesuai dengan
jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.

10.  KELOMPOK PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
1.    Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
2.    Setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
3.    Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal 3 (tiga) program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.
4.    Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
5.    Peserta ujian yang memilih hanya 1 (satu) program studi, pilihan program studi dapat dari PTN di Wilayah mana saja.
6.    Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu Wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar Wilayahnya.
7.    Daftar program studi, daya tampung tahun 2012, dan jumlah peminat tahun 2011 dapat dilihat di laman http://www.snmptn.ac.id.

11.  BIAYA SELEKSI UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN
Biaya seleksi Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah :
1.    Rp.150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau  kelompok IPS.
2.    Rp.175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC (IPA   dan IPS).
3.    Rp.150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian keterampilan bagi yang memilih program studi yang mempersyaratkan Jalur Ujian Keterampilan.
4.    Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri.
5.    Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

12.  PENGUMUMAN HASIL UJIAN
Hasil ujian akan diumumkan pada hari Sabtu, 7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB dan dapat
diakses di laman http://www.snmptn.ac.id. 

13. PESERTA PELAMAR BIDIKMISI
1.    Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui  laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
2.    Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
3.    Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti akan  memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
4.    Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan kembali untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
5.    Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

14. LAMAN  RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
1.    Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id.
2.    Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn, Facebook (http://www.facebook.com/groups/snmptn), http://halo.snmptn.ac.id, dan call center: 08041450450
3.    Alamat Panitia SNMPTN 2012: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689,  e-mail: panitia@snmptn.ac.id.

15.  LAIN-LAIN
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN 2012 akan
diinformasikan melalui laman SNMPTN 2012 dan menjadi bagian dari Prosedur Operasional Baku
(POB) SNMPTN 2012.

SELAMAT DATANG DI LAMAN RESMI SNMPTN 2012
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruhIndonesia.
Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis.(khusus program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan). Sejalan  dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui  masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.
Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2012 yang terdiri dari dua bagian, yaitu: Bagian 1 (satu) tentang Jalur Undangan dan Bagian 2 (dua) tentang Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Program Studi, baik Kelompok IPA maupun IPS, dari 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN 2012 sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi SNMPTN dengan baik.
Secara rinci informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN akan dimuat dalam Buku Panduan Peserta SNMPTN 2012 yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id. Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SNMPTN.

Daftar PRODI Jalur Undangan Perguruan Tinggi Negeri
WILAYAH         : I
PTAIN            : UIN Sunan Gunung Djati Bandung
KELOMPOK UJIAN    : IPA
KODE PRODI    NAMA PRODI    DAYA TAMPUNG 2012    PEMINAT 2011    SYARAT CACAT FISIK
371011    PENDIDIKAN MATEMATIKA    15    347    lihat

371025    MATEMATIKA    16    89    ---
371033    BIOLOGI    16    239    ---
371041    FISIKA    16    85    ---
371055    KIMIA    16    139    ---
371063    TEKNIK INFORMATIKA    23    476    ---
371071    TEKNIK ELEKTRO    16    85    ---
371085    AGROTEKNOLOGI    16    67    ---

   





KELOMPOK UJIAN    : IPS
KODE PRODI    NAMA PRODI    DAYA TAMPUNG 2012    PEMINAT 2011    SYARAT CACAT FISIK
372013    SOSIOLOGI    30    325    ---
372021    PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS    15    403    lihat

           
372035    ILMU HUKUM    20    152    ---
372043    MANAJEMEN    20    578    ---
372051    ADMINISTRASI NEGARA    20    438    ---
372065    ILMU KOM. KONST. HUMAS    30    133    ---
372073    ILMU KOM. KONST. JURNALISTIK    30    211    ---
372081    BAHASA DAN SASTRA INGGRIS    30    152    ---
372095    PSIKOLOGI    20    455    ---

   



Daftar PRODI Jalur Undangan Perguruan Tinggi Negeri
WILAYAH         : I
PTAIN            : UIN Sunan Gunung Djati Bandung
KELOMPOK UJIAN    : IPA
KODE PRODI    NAMA PRODI    DAYA TAMPUNG 2012    PEMINAT 2011    UJIAN KETRAMPILAN    SYARAT CACAT FISIK
371011    PENDIDIKAN MATEMATIKA    5    283    ---    lihat

               
371025    MATEMATIKA    4    58    ---    ---
371033    BIOLOGI    4    240    ---    ---
371041    FISIKA    4    50    ---    ---
371055    KIMIA    4    125    ---    ---
371063    TEKNIK INFORMATIKA    6    498    ---    ---
371071    TEKNIK ELEKTRO    4    100    ---    ---
371085    AGROTEKNOLOGI    4    116    ---    ---

   



KELOMPOK UJIAN    : IPS
KODE PRODI    NAMA PRODI    DAYA TAMPUNG 2012    PEMINAT 2011    UJIAN KETRAMPILAN    SYARAT CACAT FISIK
372013    SOSIOLOGI    10    120    ---    ---
372021    PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS    5    253    ---    lihat

               
372035    ILMU HUKUM    10    111    ---    ---
372043    MANAJEMEN    10    300    ---    ---
372051    ADMINISTRASI NEGARA    10    232    ---    ---
372065    ILMU KOM. KONST. HUMAS    10    130    ---    ---
372073    ILMU KOM. KONST. JURNALISTIK    10    128    ---    ---
372081    BAHASA DAN SASTRA INGGRIS    10    87    ---    ---
372095    PSIKOLOGI    10    226    ---    ---
CONTOH PENDAFTARAN SNMPTN
 Pengumuman hasil SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis dapat dilihat pada tanggal 29 Juni 2012 jam 19.0
PANITIA PUSAT SNMPTN 2012
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI JALUR UJIAN TERTULIS
Nomor Peserta     
Harus diisi dengan Nomor Peserta SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis
Tanggal Lahir                                                                      —                             —                                              
Harus diisi sesuai dengan tanggal lahir yang diisikan pada formulir pendaftaran online SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis


    
Masukkan rangkaian huruf di atas :   



   
PERHATIAN
    Javascript browser harus diaktifkan.
    Klik di sini untuk melihat SK Pengumuman hasil SNMPTN 2012 jalur Ujian Tertulis.
    Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
    Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SNMPTN 2012 di alamat http://halo.snmptn.ac.id atau nomor telepon 0804-1-450-450

0 komentar:

Poskan Komentar