Tips Hidup Hemat & Berprestasi Ala Mahasiswa Anak Kost (Asrama)

on Sabtu, 13 Juli 2013

Meraih cita-cita dengan merantau ke kota orang nan jauh dari kampung halaman tercinta. Sedikit berbagi pengalaman sebagai mahasiswa yang merantau dikota orang, dengan segala peliknya kebutuhan hidup sebagai anak kost. Untuk mahasiswa yang tidak kekurangan uang bulanan mungkin no problem dengan permasalahan uang sebagai anak kost, tapi buat saya ? this is problem! Alhamdulilah, saya lahir dari keluarga sederhana yang tentram bahagia damai sejahtera merdeka sakinah mawadah warohmah, Mamah dan Bapak bekerja keras untuk kuliah saya. Jadi, otomatis sebagai anak semata wayang nya mereka yang berbakti, saya enggan untuk meminta jatah bulanan lebih sebagai penunjang kegiatan saya di kampus, hehehe biasa mulai belajar jadi aktivis kampus. Sebagai jalan keluarnya, saya harus memutar otak agar jatah uang cukup sebagai anak kost. Ini hemat mahasiswa kost ala saya!


Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost
1.Pilih Kostan Yang Murah
Ini sangat menentukan nasib uang-uang dalam dompet kita, kalo salah-salah pilih tempat kost maka agar bernasib tidak baik untuk hemat kita selama kuliah. Oiya, pilih juga teman-teman kost yang baik dan dermawan. Karena apa? Mereka akan berbaik hati untuk selalu berbagi makanan hehee. Ibu kost juga diperhatikan, harus jeli dalam memilih ibu kost yang minimal setiap beberapa hari berbagi makanan. Itu lumayan mengirit jatah makan kita loh.
Tapi kalo kamu laki-laki lebih baik tiggal di mesjid kampus atau sekre UKM dan ORMAWA kampus, selain lebih efisien kamu juga akan terjamin nilai gizi perutmu. Itu menurut pengamatan saya di kampus hehehehe,apalagi di mesjid Insya Allah kamu akan lebih dekat dengan-Nya. Sekalian perbaiki diri juga kan mas bro!.

2.Masak Nasi Sendiri
Dan ini salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan *ngebayangin*.
1 hari = 3 x makan
Kalo beli : 1 x makan = 2000 (harga nasi) x 3 = 6000/hari
6000 x 30 = 120.000/bulan
Tuh kan lumayan, kalo masak sendiri paling modal beras aja. Apalagi kalo yang dirumahnya punya sawah so, kita bekal beras untuk sebulan aja hemat. Dan keuntungannya masak nasi sendiri juga supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga.

3.Only Me!
Maksudnya, belajar mandiri. Kita uda mahasiswa bukan siswa lagi loh, masa nyuci masih ke loundry? Itu salah salah satunya ya. Pastiah sesibuk-sibuknya mahasiswa pasti ada waktu buat nyuci mah, iya kan. Atau ketika kita akan mengeprint tugas, kita bisa print di teman yang memiliki printer, jadi kita bisa menghemat pengeluaran dengan mengprint tugas-tugas dengan harga lebih murah atau mungkin geratis hehe.

4.Sedia Mie Instan
Ya jaga-jaga aja, kalo kita uangnya emang bener-bener gaada udah berusaha hemat tetep gabisa ya untuk tanggal-tanggal tua makannya mie instan aja.

5. Aktif di Kampus
Kenapa ? biasa kalo kita aktiv di beberapa UKM atau organisasi pintu rezeki akan terbuka lebar dan hemat pun bisa berjalan. Seperti ketika di UKM A kumpul pasti pada bawa makanan, dan senior selalu menyempatkan mentraktir nah disana kita bisa berbaikan gizi. Hari selanjutnya misalkan ada UKM B kumpul untuk menghadiri seminar nah kita ikut aja, pasti disana akan ada makanan gertais, lumayan kan. Intinya, kita aktif pasti akan ada saja rezekinya Allah itu membuka pintu rezeki asal kita berusaha dan berdoa tentunya. Tapi tetap tujuan kita adalah bermanfaat untuk orang lain, sisanya adalah bonus hehe.

6. Berwirausaha
Nah ini yang menjadi fovorit banyak mahasiswa, berjualan dikelas seperti keripik atau produk handmate. Selain kita bisa dapat penghasilan tambahan bisa juga belajar berwirausaha loh.

7. Aktif di Masyarakat sekitar Kostan
Nah, disini selain kita melatih sosialisasi kita juga sebagai ajang memperlancar berhemat kita. Misalnya ketika ada tetangga di sekitaran kostan yang lagi syukuran kita datang, atau ketika ada pengajian di mesjid ikutan, dan ada yang tahlilan kita datang. Nah selain perut terisi karena pasti ada makanan disana, kita juga belajar bermanfaat untuk orang lain. Tapi tetep luruskan niat kita untuk ikhlas bermanfaat heheehe.

8. Menyimpan uang Di Bank
Ini saran dari senior saya juga nih, kita nabung di Bank tetapi tidak di simpan di ATM juga. Jadi ketika kita akan mengambil uang itu harus ke Bank langsung. Dan fikiran mahasiswa yang sibuk pasti tidak akan sering ke bank hanya sekedar ngambil uang goceng kan.

9. Banyak Beristigfar
Ini penting, karena hasrat kita boros pasti akan selalu ada dalam godaan syaiton. Untuk menghindari dan menjaga hasrat boros itu kita abnyak-banyaklah beristigfar. Insya Allah.

10. Rajin Puasa Sunnah
Sudah jelas, dengan puasa selain kita mendapat pahaa dan terhindar dari nafsu yang berlebih kita juga bisa berhemat. Karena selama puasa kita bisa menekan uang pengeluaran untuk makan. Tapi tetep dijaga aga kita tidak membeli makanan yang berlebih untuk buka nanti.

11.Pesan Pengingat
Maksudnya usahakan adakan pesan pengingat agar kita berhemat. Seperti catatan kecil “Ingat Isnaeni, hemat, hemat” yang ditempel disetiap sudut kostan seperti cermin, pintu, lemari. Atau pada bagraund laptop, walpapper HP, Cacatatan di binder kuliahmu, yang pasti dimanapun agar kamu diingatkan untuk berhemat. Cara ini lumayan efektif loh saya terapkan.

Meski kita menerapkan pola hidup hemat, tidak ada alasan kita tidak menajdi mahasiswa berprestasi. Berikut beberapa cara yang bias diterapkan demi keberhasilan agan2 yang sedang atau akan menjadi mahasiswa
Ada beberapa Smart Trik yang terbukti ampuh bisa diterapkan. Yaitu :
1. BUAT PERENCANAAN TARGET YANG JELAS
Untuk apa kalian kuliah???
Niatkanlah dalam diri anda bahwa anda kuliah jauh-jauh bukan hanya sekedar dipaksa orang tua, iseng- iseng atau mencari kenalan.
Niatkan pada diri bahwa kalian kuliah untuk mendapatkan ilmu, mencari wawasan dan keterampilan.
Niat adalah pondasi pengukur seberapa besar tekad anda.
Bertekadlah untuk berlelah-lelah selagi kita masih muda untuk terus belajar. Karena jika tidak hari ini, maka suatu saat nanti kondisilah yang menuntut kita untuk berlelah-lelah belajar. Kita tak selamanya akan kuat, kita tak akan selamanya muda, selagi masih ada waktu, selagi otak masih mudah menyerap ilmu, tubuh masih kuat menopang beban. Maka optimalkanlah segala potensi yang kita miliki untuk selalu belajar dan berkarya.

2.PAHAMI BUKU PANDUAN AKADEMIK
Buatlah strategi dan persiapan anda sebelum mengambil mata kuliah dengan cara memahami buku panduan akademik. Jangan sampai ditahun- tahun akhir masa perkuliahan anda masih saja mengejar ketertinggalan dalam mengambil dan memperbaiki mata kuliah yang kurang optimal anda capai.

3.KENALI KARAKTER BELAJAR AGAN
Cara belajar di dunia kampus jauh berbeda dengan sewaktu kita belajar di sekolah menengah. Dosen pun kadang terlambat atau bahkan tidak hadir dalam perkuliahan. Hal ini menuntut adaptasi yang cepat agar kita dapat tetap menjaga kebiasaan belajar yang baik selama di SMA dulu. Sesegera mungkin mengetahui pola belajar yang paling cocok bagi kita, salah satunya adalah dengan cara mengingat-ingat kembali cara belajar terbaik kita semasa di SMA.

4.BUAT RENCANA KESUKSESAN AKADEMIK
• Semester pertama kuliah : Fokus mendapatkan IP yang sangat bagus agar bisa menopang nilai-nilai yang kurang baik disemester berikutnya. Misalnya saja 4,0 dan mencoba-coba beberapa organisasimahasiswa yang sesuai dengan bakat dan hobi anda.
• Semester kedua kuliah : IP minimal 3,5 dan mulai serius berorganisasi.
Begitupun dengan semester berikutnya, buatlah rencana sebelum anda melakukan sesuatu hal.
“ Bukankah kita sudah belajar tentang Planning dalam Ilmu Manajemen.
Orang yang ingin melalukan perjalanan kesuatu tempat, apabila ia tak punya arah dan perencanaan yang jelas. Maka ia tak akan pernah bisa mencapai tempat tujuannya “.

5.BANYAK MEMBACA DAN BERLATIH
Membaca bermanfaat untuk memperluas ilmu dan wawasan. Berlatih membuat kita terampil dalam suatu bidang. Sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan atau toku buku.
“ Orang rajin mengalahkan orang pintar “
“ Mula-mula kita yang menciptakan kebiasaan, selanjutnya kebiasaanlah yang menciptakan kita “
Tentulah kita semua mengetahui keutamaan ilmu dibandingkan dengan harta. Ilmu menjaga diri, sedangkan harta kitalah yang menjaganya, ilmu tidak akan habis jika diberikan, bahkan bertambah. Sedangkan harta akan habis jika dibagi.
“ Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan “

6.MILIKILAH ORANG-ORANG HEBAT DISEKELILING KITA
“Anda hari ini, adalah cerminan anda 5 tahun yang akan datang. Kecuali beberapa hal, salah satunya adalah siapa teman anda saat ini?”
Maka carilah SAHABAT yang baik dan berkarakter, yang selalu menyemangati anda saat lemah dan terjatuh, mendukung setiap mimpi yang anda bangun, dan berlomba-lomba dalam kebaikan.
“ Orang yang bodoh adalah orang-orang yang tidak mempunyai sahabat. Dan orang yang sangat bodoh adalah mereka yang menyia-nyiakan sahabat yang ia punya “

7.HATI- HATILAH DENGAN JEBAKAN LINGKUNGAN
Lingkungan kos-kosan pun sedikit banyak berpengaruh pada pembentukan karakter mahasiswa. Sebaiknya carilah kos-kosan atau kontrakan yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dengan kampus, aman dan memenuhi standar kesehatan, lingkungan yang mendukung dan dekat dengan masjid atau mushola.

8.TANYA PADA ORANG YANG SUDAH BERPENGALAMAN
“ Pengalaman adalah guru yang paling baik “
Dengan bertanya kita dapat mengefisienkan energi dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu kita lakukan. Mulailah bertanya pada kakak-kakak tingkat yang pernah terlebih dahulu mengalami dan merasakan mata kuliah yang akan diambil.

9.MILIKI WAKTU BELAJAR KHUSUS SETIAP HARI
Ukurlah kemampuan diri untuk menguasai mata kuliah tertentu dan buatlah alokasi waktu untuk mempelajarinya setiap hari. Luangkan waktu biarpun sedikit yang penting terus menerus untuk mengulang pelajaran yang sudah didapatkan dikampus maupun mempelajari materi yang akan diajarkan keesokan harinya. Berprinsiplah untuk beberapa langkah Lebih maju dari mahasiswa yang lainnya. “ One Step Ahead“

10.AKTIF BERTANYA DAN ANTUSIAS DALAM SETIAP MATA KULIAH
Siapakanlah diri dan berniatlah untuk hadir kuliah demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat.Tulislah setiap inti materi, lebih baik membuat rangkuman setiap materi yang akan dipelajari, aktiflah bertanya jika masih ada yang tidak dimengerti jangan disimpan didalam hati saja, boleh jadi dosen mengenal kita karena sering bertanya.
Jangan takut apa yang kita tanyakan adalah pertanyaan yang tidak berkualitas dan tidak berbobot atau semua orang sudah tahu dengan jawabannya.Yakinlah, bahwa kita belajar bukan untuk dilihat dan dinilai orang lain, namun untuk mendapatkan ilmu secara utuh.

11.BUAT DOSEN KENAL NAMA DAN POTENSI ANDA
Tidak perlu dibuat-buat dengan kedekatan yang nampak seperti menjilat agar mendapatkan nilai yang bagus. Tunjukan saja prestasi terbaik kita, bersilaturahim dan berbuat baiklah kepada mereka ( Dosen ), karena esensi dan hakikatnya mereka adalah guru yang telah mengajarkan ilmu berharga untuk masa depan kita. Ingatlah bahwa “ barang siapa yang memuliakan penduduk bumi, maka penduduk langit akan memuliakannya “
Selain itu, duduklah di kursi depan dekat dengan sumber ilmu, tegakkan bahu, condongkan 5 cm kedepan, anggukan kepala setiap kita memahami dan tersenyumlah dengan tulus. Bukankah kita tahu, orang dihargai, karena ia belajar untuk menghargai orang lain.
Karena Sesungguhnya Sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai dari suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain, dan hanya kepada tuhanmulah hendaknya kamu berharap ( Q.S. Al Insyirah : 5 – 8 )
Jangan pernah sia2kan kesempatan yang ada karena waktu tidak akan pernah kembali  . Jika agan saat ini seorang mahasiswa termasuk mahasiwa yang manakah agan ? Berikut gan ane share sekalian jenis2 mahasiswa semoga bisa jadi rujukan , MAU DIBAWA KEMANA KULIAH KITA
1. Mahasiswa perfeksionis
mahasiswa yg anti sama nilai B. sekali dpt B langsung guling2 ditanah dan galau 7 turunan.
2. Mahasiswa studyholic
duduk paling depan, sehari2 ngurung diri dalam kamar buat belajar. motto hidupnya “tiada hari tanpa belajar”
3. Mahasiswa idiopatik
ga jelas kehidupannya di kampus. kadang2 ada, kadang2 ga ada.
4. Mahasiswa poli-organisasi
aktif diberbagai organisasi kampus. motto hidupnya “banyak organisasi, banyak rezeki”
5. Mahasiswa pasrah
dapat E? ah tenang, kan ga cuman aku doang yang ga lulus
6. Mahasiswa pecinta
kerjaan sehari2nya pacaran tak peduli tempat, waktu, dan lokasi.
7. Mahasiswa cadaLOver
saking terobsesinya sama cadaver, ampe kuliahnya hanya saat ada materi anatomi atau pratikum anatomi. (#kedokteranonly)
8. Mahasiswa SKS
tipe paling banyak di tiap kampus. belajar sampai larut hanya ketika besoknya ujian.
10. Mahasiswa paket hemat
datengnya pas praktikum,skill lab ma tutor doang
11. Mahasiswa galau
tiap malam ngetweet galau sambil dengerin lagu2 adele
12. Mahasiswa setengah dewa
Tiap hari kerjaan nya maen game dan OL, tapi selalu berhasil kalo ujian.
13. Mahasiswa gaul stadium 4
ke kampus pakai kaos oblong dan celana jeans
14. Mahasiswa inhibitor
sukanya nanya2 ke dosen sehingga menghambat mahasiswa yg lain utk pulang
15. Mahasiswa kritis
selalu nanya jadwal kuliah padahal modul dia punya, dan bertanya terus kapan dosen masuk
16. Mahasiswa OVJ
tiada hari tanpa membuat tertawa teman2nya
17. Mahasiswa petani
datang paling pagi buat bookingin tempat duduk temen
18. Mahasiswa insert investigasi
niat dateng ke kampus buat nyari gosip2 ter-hot seangkatan
19. Mahasiswa asianlover
tiap hari ngebahas korea. suka teriak2 ga jelas tiap ngeliat foto/ video artis korea
20. Mahasiswa FreeAll
datang ke kmpus bawa laptop untuk dapat ngenet gratis dan download film gratis pake sinyal wifi kampus
21. Mahasiswa the ripper
pembunuh teman saat tutorial
22. Mahasiswa dreamer
kerjaannya tidur di kelas dari awal sampai habis
23. Mahasiswa KW 9
beli buku yg bajakan semua.
24. Mahasiswa ekstrovert
suka gosipin kelakuan teman²nya & dosen
25. Mahasiswa pa bondan
dateng ke kampus cuma nongkrong di kantin sambil ngeborong kuliner
26. Mahasiswa introvert
punya bahan untuk belajar buat ujian dari dosen hanya disimpan buat sendiri, ogah bagiin ke teman²
27. Mahasiswa perpustakaan berjalan
kemana2 bawa buku yg tebel2
28. Mahasiswa Journal Lover
bawa jurnal kemana2 tapi ga paham isinya apa
29. Mahasiswa model
hoby pakai height heel lebih 10 cm„,
30. Mahasiswa pencabut dompet
sukanya nagih uang ke teman
31. Mahasiswa Konter
datang ke kampus menawarkan jasa pulsa elektrik
32. Mahasiswa recorder
hafal semua yang dikatakan dosen waktu kuliah
33. Mahasiswa program KB
IP 2 cukup
34. Mahasiswa hemat listrik
suka ngecas bb. Laptop,hape dikampus
35. Mahasiswa SOGO
ke kampus dandannya kaya mau liburan keluar negri
36. Mahasiswa hemat air
suka numpang mandi dan BAB di wc kampus
37. Mahasiswa buku berjalan
mahasiswa yang saking pinternya, ditanyain materi selalu bisa jawab
38. Mahasiswa game center
mahasiswa yang datang ke kampus cuma buat maen game online bareng temen seangkatan
39. Mahasiswa cool
paling suka duduk dibawah AC ketika kuliah
40. Mahasiswa las vegas
ke kampus cuma buat maen poker sama UNO di kantin.
41. Mahasiswa olahragawan
ke kampus selalu pake sepatu futsal
42. Mahasiswa superman
kemana-mana sobotta dan dorland d gendong d tas
43. Mahasiswa RU
ada apa apa dikit langsung updet pm, menuhin recent updates
44. Mahasiswa bermodal cinta
datang ke kampus ga bawa apa2
45. Mahasiswa joki 3 in 1
suka nebeng temen ke kampus
46. Mahasiswa seks bebas
suka nyucuk flashdisk berisi virus ke berbagai laptop
47. Mahasiswa tutorial oriented
hanya belajar keras saat tutorial aja
48. Mahasiswa kupu2
kuliah-pulang kuliah-pulang
49. Mahasiswa salesman
gaya berpakaiannya susah dibedakan antara mahasiswa dan salesman
50. Mahasiswa gaib
kehadirannya tidak jelas.
51. Mahasiswa kura - kura
kuliah rapat kuliah rapat
52. Mahasiswa Tilang
Titip absen langsung pulang

2 komentar:

Poskan Komentar